MENCINTAI INDONESIA DARI JAUH (sebuah pengantar)

Tulisan-tulisan dalam kategori ini, saya maksudkan untuk mengeluarkan opini-opini saya mengenai bagaimana saya sebagai warga Indonesia tetap harus mencintai Indonesia dari jauh (dari luar negeri/Belanda).

 Ide dasarnya adalah banyak alasan sebenarnya kalau kita hanya melihat dari satu sisi yang saya sebut dengan ‘mengeluh’ untuk tidak mencintai Indonesia.  Mulai dari layanan publik, hingga layanan-layanan untuk riset.  Apalagi kemudian saya dibawa dalam suatu tempat yang mana sangat banyak hal yang kalau kemudian kita banding-bandingkan akan mendorong saya untuk tidak mencintai Indonesia.  Untuk itulah saya ingin sekali menulis mengenai hal ini. 

 Saya semakin termotivasi untuk mulai menulis mengenai hal ini ketika saya semakin banyak  mendapatkan banyak input mengenai orang-orang yang sangat betah berada di luar negeri dan tidak jarang yang sukses selama di luar negeri dibandingkan dengan di Indonesia.  Pada minggu-minggu awal di sini pun, ada teman yang memberikan presentasi mengenai bekerja di Belanda.  Banyak pula berita yang mengatakan bahwa Indonesia tidak kondusif terhadap para dosen dan peneliti sehingga kita akan sangat berkembang jika berada di luar negeri. Di mailing list, juga selalu disinggung hal-hal yang benar-benar dapat membuat tidak ingin kembali ke Indonesia.  Hal inilah yang kemudian benar-benar mencambuk saya agar tetap ingat, cinta dan setia dengan Indonesia tanah air saya.  Sebenarnya saya ingin menulis bersama beberapa rekan di PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di Wageningen, tapi sepertinya masih agak sulit dan saya belum menemukan rekan yang seide dengan saya.  Mungkin akan lebih baik jika saya memulainya lebih dahulu.

Semoga idealisme ini tidak berubah.  Semoga cita-cita ini untuk membawa Indonesia semakin maju dan bermartabat tidak berubah.  Semoga niat ini diridhoi Allah SWT…

Leave a Reply

